Terbentuknya Jaringan Keilmuan di Nusantara
Pada bagian ini kamu akan memahami hubungan antara
Istana sebagai pusat kekuasaan dan pendidikan. Perkembangan
lembaga pendidikan dan pengajaran di masjid-masjid kesultanan
sangat ditentukan oleh dukungan penguasa.
Sultan bukan saja
mendanai kegiatan-kegiatan masjid, tetapi juga mendatangkan
para ulama, baik dari mancanegara, terutama Timur Tengah,
maupun dari kalangan ulama pribumi sendiri.
Para ulama yang
kemudian juga difungsikan sebagai pejabat-pejabat negara, bukan
saja memberikan pengajaran agama Islam di masjid-masjid negara,
tetapi juga di istana sultan. Para sultan dan pejabat tinggi rupanya
juga menimba ilmu dari para ulama.
Seperti halnya yang terjadi di
Kerajaan Islam Samudera Pasai dan Kerajaan Malaka.
Ketika Kerajaan Samudera Pasai mengalami kemunduran
dalam bidang politik, tradisi keilmuannya tetap berlanjut. Samudera
Pasai terus berfungsi sebagai pusat studi Islam di Nusantara.
Namun,
ketika Kerajaan Malaka telah masuk Islam, pusat studi keislaman
tidak lagi hanya dipegang oleh Samudera Pasai. Malaka kemudian
juga berkembang sebagai pusat studi Islam di Asia Tenggara,
bahkan mungkin dapat dikatakan berhasil menyainginya.
Kemajuan
ekonomi Kerajaan Malaka telah mengundang banyak ulama dari
mancanegara untuk berpartisipasi dengan lebih intensif dalam
proses pendidikan dan pembelajaran agama Islam.
Kerajaan Malaka dengan giat melaksanakan pengajian dan
pendidikan Islam.
Hal itu terbukti dengan berhasilnya kerajaan ini
dalam waktu singkat melakukan perubahan sikap dan konsepsi
masyarakat terhadap agama, kebudayaan dan ilmu pengetahuan.
Proses pendidikan dan pengakaran itu sebagian berlangsung di
kerajaan.
Perpustakaan sudah tersedia di istana dan difungsikan sebagai pusat penyalinan kitab-kitab dan penerjemahannya dari
bahasa Arab ke bahasa Melayu.
Karena perhatian kerajaan yang
tinggi terhadap pendidikan Islam, banyak ulama dari mancanegara
yang datang ke Malaka, seperti dari Afghanistan, Malabar,
Hindustan, dan terutama dari Arab.
Banyaknya para ulama besar
dari berbagai negara yang mengajar di Malaka telah menarik para
penuntut ilmu dari berbagai kerajaan Islam di Asia Tenggara untuk
datang.
Dari Jawa misalnya, Sunan Bonang dan Sunan Giri pernah
menuntut ilmu ke Malaka dan setelah menyelesaikan pendidikannya
mereka kembali ke Jawa dan mendirikan lembaga pendidikan Islam
di tempat masing-masing.
Hubungan antar kerajaan Islam, misalnya Samudera Pasai,
Malaka, dan Aceh Darussalam, sangat bermakna dalam bidang
budaya dan keagamaan. Ketiganya tersohor dengan sebutan
Serambi Mekkah dan menjadi pusat pendidikan dan pengajaran
agama Islam di Indonesia.
Untuk mengintensifkan proses Islamisasi,
para ulama telah mengarang, menyadur, dan menerjemahkan karyakarya keilmuan Islam. Sultan Iskandar Muda adalah raja yang sangat
memperhatikan pengembangan pendidikan dan pengajaran agama
Islam.
Ia mendirikan Masjid Raya Baiturrahman, dan memanggil
Hamzah al Fanzuri dan Syamsuddin as Sumatrani sebagai penasihat.
Syekh Yusuf al Makassari ulama dari Kesultanan Goa di Sulawesi
Selatan pernah menuntut ilmu di Aceh Darussalam sebelum
melanjutkan ke Mekkah.
Melalui pengajaran Abdur Rauf as Singkili
telah muncul ulama Minangkabau Syekh Burhanuddin Ulakan yang
terkenal sebagai pelopor pendidikan Islam di Minangkabau dan
Syekh Abdul Muhyi al Garuti yang berjasa menyebarkan pendidikan
Islam di Jawa Barat.
Karya-karya susastra dan keagamaan dengan
segera berkembang di kerajaan-kerajaan Islam. Kerajaan-kerajaan
Islam itu telah merintis terwujudnya idiom kultural yang sama, yaitu
Islam. Hal itu menjadi pendorong terjadinya interaksi budaya yang
makin erat.
Di Banten, fungsi istana sebagai lembaga pendidikan juga
sangat mencolok. Bahkan pada abad ke-17, Banten sudah menjadi pusat ilmu pengetahuan Islam di pulau Jawa. Para ulama dari
berbagai negara menjadikan Banten sebagai tempat untuk belajar.
Martin van Bruinessen menyatakan, “Pendidikan agama cukup
menonjol ketika Belanda datang untuk pertama kalinya pada 1596
dan menyaksikan bahwa orang-orang Banten memiliki guru-guru
yang berasal dari Mekkah”.
Di Palembang, istana (keraton) juga difungsikan sebagai pusat
sastra dan ilmu agama. Banyak Sultan Palembang yang mendorong
perkembangan intelektual keagamaan, seperti Sultan Ahmad
Najamuddin I (1757-1774) dan Sultan Muhammad Baha’uddin
(1774-1804).
Pada masa pemerintahan mereka, telah muncul
banyak ilmuwan asal Palembang yang produktif melahirkan karyakarya ilmiah keagamaan: ilmu tauhid, ilmu kalam, tasawuf, tarekat,
tarikh, dan al-Qur’an.
Perhatian sultan terhadap perkembangan
ilmu pengetahuan Islam tercermin pada keberadaan perpustakaan
keraton yang memiliki koleksi yang cukup lengkap dan rapi.
Berkembangnya pendidikan dan pengajaran Islam, telah
berhasil menyatukan wilayah Nusantara yang sangat luas.
Dua hal
yang mempercepat proses itu yaitu penggunaan aksara Arab dan
bahasa Melayu sebagai bahasa pemersatu (lingua franca). Semua
ilmu yang diberikan di lembaga pendidikan Islam di Nusantara
ditulis dalam aksara Arab, baik dalam bahasa Arab maupun dalam
bahasa Melayu atau Jawa.
Aksara Arab itu disebut dengan banyak
sebutan, seperti huruf Jawi (di Melayu) dan huruf pegon (di Jawa).
Luasnya penguasaan aksara Arab ke Nusantara telah membuat para
pengunjung asal Eropa ke Asia Tenggara terpukau oleh tingginya
tingkat kemampuan baca tulis yang mereka jumpai.
Berkembangnya pendidikan Islam di istana-istana raja seolah
menjadi pendorong munculnya pendidikan dan pengajaran di
masyarakat.
Setelah terbentuknya berbagai ulama hasil didikan
dari istana-istana, maka murid-muridnya melakukan pendidikan ke
tingkatan yang lebih luas, dengan dilangsungkannya pendidikan
di rumah-rumah ulama untuk masyarakat umum, khususnya
sebagai tempat pendidikan dasar, layaknya kuttâb di wilayah Arab.
Sebagaimana kuttâb (lembaga pendidikan dasar di Arab sejak masa
Rasulullah) yang biasa mengambil tempat di rumah-rumah ulama,
di Nusantara pendidikan dasar berlangsung di rumah-rumah guru.
Pelajaran yang diberikan terutama membaca al-Qur’an, menghafal
ayat-ayat pendek, dan belajar bacaan salat lima waktu. Dan ini
diperkirakan sama tuanya dengan kehadiran Islam di wilayah ini.
Di Nusantara, masjid-masjid yang berada di permukiman
penduduk yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat
menjalankan fungsi pendidikan dan pengajaran untuk masyarakat
umum. Di sinilah terjadi demokratisasi pendidikan dalam sejarah
Islam.
Demikianlah yang terjadi di wilayah-wilayah Islam di
Nusantara, seperti Malaka dan kemudian Johor, Aceh Darussalam,
Minangkabau, Palembang, Demak, Cirebon, Banten, Pajang,
Mataram, Gowa-Tallo, Bone, Ternate, Tidore, Banjar, Papua dan lain
sebagainya.
Bahkan mungkin karena memiliki tingkat otonomi dan
kebebasan tertentu, di masjid proses pendidikan dan pengajaran
mengalami perkembangan. Tidak jarang di antaranya berkembang
menjadi sebuah lembaga pendidikan yang cukup kompleks, seperti
meunasah di Aceh, surau di Minangkabau, langgar di Kalimantan
dan pesantren di Jawa.
Posting Komentar untuk "Terbentuknya Jaringan Keilmuan di Nusantara"